Minggu, 18 April 2010

vw perkenalkan sistem parkir walet

Penulis : Chadie


VW Perkenalkan Sistem Parkir Valet tanpa Pengemudi
KAMIS (15/4) lalu di Stanford University, dunia per-valet-an mendapat sebuah kejutan. Para kru di Volkswagen's Innovation Lap (VAIL) mengadakan sebuah acara yang khusus untuk pimpinan tinggi Jerman Kanselir Angela Merkel sebagai orang Jerman pertama menyaksikan teknologi baru Volkswagen.

Tim Vail adalah kelompok pertama yang menyelesaikan DARPA Grand Challenge yang menggunakan Touareg yang mampu menjelajah lebih dari 209km tanpa pengemudi (autonomous) di Gurun Mojave tahun 2005.

Kendaraan yang dapat mengemudi sendiri ini asli dijalankan oleh sistem yang diberi julukan 'Stanley'. Sistem ini dikembangkan lagi menjadi Stanley 2 menggunakan Passat station wagon dan mampu melakukan perhitungan matang sehingga ia dapat benar-benar memarkirkan diri dengan benar di lahan parkir.

Kendaraan ini menyabet posisi kedua di acara sebuah kegiatan yang diberi tajuk 'the 2007 DARPA Challenge. DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) sendiri adalah sebuah lembaga peneliti sistem pertahanan moderen di Amerika Serikat.

Saat ini teknologi tersebut telah dibuat ringkas, diberi beberapa sentuhan dan kemudian 'dicemplungkan' ke mobil Passat lain bermesin diesel untuk menunjukkan salah satu dari kemampuan dan kegunaan lain yang bisa didapatkan pada teknologi autonomous.

Dengan adanya serangkaian prosesesor komputer, motor aktuator, sensor, data jaringan dan GPS, secara teoritis Passat ini mampu diterjunka di jalan-jalan sekitar Stanford. Ia berhenti di persimpangan, bejalan di kepadatan lalu lintas dan menghindari pejalan kaki dan bahkan pengendara sepeda yang kurang tertib.

Misalnya saat Anda tiba di restoran kesayangan, Anda tinggal turun dari mobil. Sambil jalan, lewat iPhone Anda, bukalah fitur 'Autonomous Valet Parking Program' kemudian tekan tombol 'Park' maka kendaran akan mencari lahan kosong, dan parkir dengan posisi bokong di dalam lahan parkir, mematikan mesin dan mengunci pintu.

Usai makan, Anda tinggal bukalah aplikasi yang sama dan tekan tomobol 'Return' pada layar virtual berbentuk remote kunci mobil. Lewat telpon tersebut data dikirim ke mobil sebagai pesan yang memicunya untuk menghiduplan mesin dan bergerak sendiri menuju pintu masuk restoran di mana Anda sedang berada.

Banyak orang yang skeptis dan menduga Passat ini diprogram untuk parkir hanya di tempat-tempat tertentu. Namun Insinyur dari VW menyangkal dan ia menegaskan bahwa sistem ini mempu mengidentifikasi lokasi di mana ia berada di lahan parkir dan mendeteksi lahan parkir kosong dan mengisinya. (Cdx)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar